Hal-hal yang Biasanya Dilakukan di Hari Pertama Sekolah – Kemarin kita (bagi anak sekolahan) telah merasakan bagaimana nikmatnya hari libur sekolah yang sebulan lamanya. Kita lepas dari siksaan untuk bangun pagi-pagi menuju ke sekolah. Kita bebas mau bangun jam berapa aja. Kita bebas mau makan apa aja (nah loh, ketahuan kemarin gak puasa).

Namun liburan telah usai. Begitu banyak kenangan di hari libur kemarin. Kini, liburan telah meninggalkan kita semua. Ada begitu banyak kenangan yang ia tinggalkan. Mulai dari menyiapkan menu berbuka, membangunkan orang-orang untuk sahur, dibangunkan sama mantan untuk sahur, bukber sama temen satu angkatan, beribadah dan memohon ampun kepada Sang Pencipta, dan keseruan mudik ke kampung halaman.

Setelah sebulan lamanya tidak menginjakan kaki di lingkungan sekolah, pasti menjadi hal yang cukup berat bagi kalian ketika ingin kembali menginjakkan kaki di sekolah. Biasanya timbul rasa malas karena selama liburan mungkin terbiasa bangun siang, tidur tengah malam, dan setelah liburan berakhir harus tidur lebih awal dan bangun lebih pagi lagi.

Beberapa mungkin ada yang khilaf. Masih tidur sampai tengah malam, namun ketika paginya Sang Emak dengan semangat berkobar-kobar membangunkan dengan suara yang cukup lantang dan biasanya respond kalian ketika dibangunkan, “Iya, lima menit lagi…” tau-tau udah jam tujuh aja.

Hari pertama sekolah itu malesin banget. Harus bangun pagi lagi. Harus mandi pagi lagi. Harus panik nyiapin peralatan sekolah lagi. Dan lain sebagainya. Males banget kan kalau harus ngadepin itu semua? YAA!!!

Gue sendiri sampai update pm (seperti status) di bbm. “Lupa jalan ke sekolah”, saking malesnya.

Tapi sebenarnya itu hanyalah sebuah sugesti dari sisi lain dalam diri gue. Sebenarnya gue gak males ke sekolah. Gue hanya gak mau sama guru-guru di dalamnya.

“SAMA AJA WOY!!!!”

Berikut adalah Hal-Hal yang biasanya lo lakuin di hari pertama sekolah:

1. Maaf-maafaan

Sumber: www.tribunnews.com
Sumber: www.tribunnews.com

Ini pasti menjadi hal yang paling utama lo lakuin di hari pertama sekolah. Maaf-maafan sama temen dan guru-guru di sekolah. Kemarin sekolah gue ngadain halal bihalal sehabis upacara. Calon adik kelas yang baru aja keterima di sekolah pun juga ikut halal bihalal. Dimulai dari kelas dua belas yang membentuk barisan panjang lalu mengantre untuk salam-salaman dengan para guru.

2. Melepas Rindu Sama Temen dan Sahabat

melepas-rindu-bersama-teman

Setelah sebulan lamanya gak ketemu, akhirnya kalian bisa bertemu kembali dengan teman maupun sahabat. Dan biasanya ketika mau memulai obrolan sama sahabat akan menjadi seperti ini:

A: Woh… masih hidup aja lo Dan?

B: Lah, bukannya kemarin lo yang ditabrak sama kereta waktu mau mudik?

A: Anjiir… bukannya itu elo?

B: Lo kali…

A: Berisik! Kemarin lo mudik kemana?

B: Gue mudik ke Lampung dong, lo sendiri?

A: Gue mudik ke Medan… lah bukannya kemarin diberita mobil lo masuk jurang?

B: Gak kebalik tuh?

3. Sibuk Nyari Kelas

Biasanya ketika udah naik tingkat kelas-kelas akan di acak kembali. Setelah usai maaf-maafan, melepas rindu, lo pasti akan sibuk nyari-nyari kelas sambil berharap bisa satu kelas sama orang yang lo taksir atau paling enggak bisa satu kelas lagi sama sahabat-sahabat lo yang gokilnya bukan main.

Gue termasuk golongan orang-orang yang begitu. Sambil nyari kelas sambil berharap bisa satu kelas lagi sama orang yang gue taksir dan bisa satu kelas lagi sama sahabat gue. Dan yang gue dapat gue bisa satu kelas sama orang-orang yang baik, ceweknya cantik-cantik tapi gue gak satu kelas sama sahabat.

Dan kemarin adalah moment yang cukup nge-betein untuk dihari pertama sekolah. Kenapa? Karena kemarin anak-anak IPS kelasnya telat diumumin. Berbeda dengan anak-anak IPA. Anak IPA jauh lebih dulu diumumin dibanding anak IPS. Gak adil banget kan. Anak IPA dulu yang diumumin sementara anak IPS sampai jam sebelas siang pun belum dapet kelas sama sekali. Akhirnya kami rame-rame datang ke kantor ngasih tau kalau anak IPS belum dapet kelas. Gak lama kemudian pembagian kelas IPS diumumkan.

4. Jajan di Kantin Sekolah

Jajan-di-Kantin

Jajanan di kantin sekolah emang ngangenin. Terbukti, saat di hari pertama masuk sekolah, seusai halal bihalal, semua orang berbondong-bondong pergi ke kantin sekolah. Termasuk gue dan temen-temen juga.

“Hallo Pakde, wah udah lama banget ya gak ketemu…” kata gue. “Mohon maaf lahir batin ya pakde,” gue melanjutkan. Trus gue langsung beli bakso pakde, bakso nomor satu di sekolah gue. Udah lama banget loh gue gak makan bakso pakde. Terakhir kali makan itu beberapa hari sebelum ujian kenaikan kelas. Kira-kira udah 2 bulan lamanya ya.

Temen gue juga silahturahmi sama bude yang jualan nasi goreng di kantin sekolah. Gue juga sempet silahturahmi sama bude nasi goreng.

5. Rebutan Tempat Duduk

Sumber: www.tribunnews.com

Setelah selesai mengisi perut, hal yang bakal lo lakuin selanjutnya adalah rebutan tempat duduk. Ya, memperebutkan posisi tempat duduk yang diinginkan. Posisi tempat duduk menjadi hal yang sangat penting bagi para pelajar. Sehingga para pelajar kebanyakan saling rebutan duduk di hari pertama masuk sekolah.

A: Ini tempat duduk gue!

B: Eh, ini tempat duduk gue duluan!

A: Gue!

B: Gue!

C: Maaf, boleh aku duduk di sini?

A dan B: Boleh!

Lalu si C duduk

C: Makasih

A dan B: Sama-sama

D sampai Z: ….

6. Membersihkan Kelas

Setelah dapet kelas, hal yang bakal lo lakuin selanjutnya adalah membersihkan kelas. Membersihkan debu di atas meja setebal 5cm. Buseet 5cm. Saking lamanya. Tapi memang begitu adanya. Kemarin gue dan temen-temen membersihkan debu di atas meja. Debu-debu itu membandel. Sulit dibersihin. Akhirnya temen gue berinisiatif buat minjam kain sama penjaga sekolah buat ngelap meja.

Dengan dicelupin air sedikit, meja tampak bersih seperti baru. *sumpah, ini bukan iklan*

 

Nah, itu lah Hal-hal yang biasanya dilakuin di hari pertama sekolah versi gue :p

Walaupun berat rasanya ingin pergi ke sekolah, tapi setelah tiba di sekolah, ketika ketemu sama temen-temen, pikiran buruk lo tentang sekolah akan segera hilang. Percaya gak percaya hal itu memang betul adanya :p

22 KOMENTAR

  1. Kalau gue nyari temen yang mau duduk satu bangku sama gue. :(
    Pernah waktu itu semuanya pada punya pasangan temen duduk. Gue duduk sendirian. :(
    Sendirian, cuma ada meja guru di depan gue.

  2. Iya juga nih… Jadi kangen masa-masa sekolah nih gua. Tapi yang gua malesin adalah ketemu pelajaran2 ngeselin. Udah ah jangan dibahas, nanti gua inget mantan. *loh

    • Hahaha iya! SMA pun masih XD kemarin temen gue sampai ada yang rebutan pengen duduk di belakang. Cewek loh padahal XD
      akhirnya yang cowok ngalah. Dan anehnya lagi, yang cowok pada duduk di barisan depan .__.
      Era baru akan segera lahir, yeah \o/

  3. kalo libur habis puasa biasanya orang nyariin aku. buat minta kue.
    pas aku SMA rebutan bangkunya yang belakang, bangku depan sering kosong ahaha

    • Jadi inceran orang gitu ya :D
      Iya, kalau di kelas gue rata-rata pada rebutan bangku paling belakang. Termasuk ceweknya. Jadi yang mengisi barisan depan sekarang adalah cowok. Era baru telah lahir :’)

BERIKAN PENDAPAT ANDA

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter the captcha *

Setelah mampir jangan lupa tinggalin komentar, ya!\o/ Semoga harimu menyenangkan \o/

*komentar baru akan muncul apabila sudah di Approve terlebih dahulu oleh admin.