Dua tahun hidup dan tinggal di perantauan gue jadi belajar banyak hal. Tentang bagaimana hidup mandiri. Apa-apa dikerjakan sendiri. Termasuk tugas kuliah—INI MAH UDAH PASTI LAH, YA. Ohiya, ngomongin kuliah, kali ini gue pengin sharing tentang pengalaman suka duka menjadi mahasiswa sistem informasi. Nah, belum pada tahu kan gimana rasanya jadi anak Sistem Informasi? Bagaimana perkuliahannya dan fokus ilmunya seperti apa?

Tapi sebelum itu gue mau kasih tahu dulu kalau Sistem Informasi itu beda sama sekali dengan jurusan Teknologi Informatika yang dikenal jago komputer dan mahir membuat aplikasi. Iya, secara kurikulum aja udah beda banget. Matakuliahnya apalagi.

Dalam bidang ilmu, secara garis besar Teknologi Informatika bicara tentang teknologi—yang sudah ada mau pun belum. Sedangkan Sistem Informasi bicara tentang sistem dan bagaimana memanajemennya sehingga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia di masa kini dan nanti. Kira-kira begitu dan koreksi jika gue salah.

Untuk penjelasan lebih lanjut tentang perbedaan Sistem Informasi dan Teknik Informatika mungkin akan gue bahas di lain waktu. Yang pasti kalau kalian sangat penasaran dan butuh, cukup kasih tahu gue dengan mengisi kolom komentar yang ada di bawah ini. Oke?

Sekarang masuk ke yang paling inti. Ini dia suka duka menjadi mahasiswa sistem informasi yang gue rasakan selama dua tahun ini:

Suka:

1. Tugas praktik kumpul saat akhir semester

Tugas Praktik Kumpul Saat Akhir Semester
sumber: pexels.com

Seperti yang pernah gue bilang, tiap semester tuh gue selalu dapat tugas atau project akhir. Tugas mingguan? Tetap ada, tapi dalam bentuk teori dan kasus. Sedangkan untuk tugas praktik, di kumpul sebelum UAS. Bentuknya bisa berupa apa aja, tergantung matakuliah yang di dapat.

Hasilnya nanti bisa berupa aplikasi, proposal, tampilan website dan website siap pakai. Karena kelasnya udah dibagi berdasarkan peminatan, maka semester ini gue dapat matakuliah e-business design yang tugas akhir atau praktiknya berupa website siap pakai. Website yang seperti apa? Tentunya website atau situs e-commerce.

2. Peminatannya banyak

Peminatannya Banyak
sumber: pexels.com

Di kampus gue peminatannya lumayan banyak. Ada 5 macam. Mulai dari Applied ERP (kerja sama dengan vendor SAP), Applied database (kerja sama dengan vendor Oracle), e-Business, Business Intellegence dan Strategic Information System. Semuanya bagus dan bidang ilmu yang dipelajari lebih spesifik. Cocok untuk yang pengin berkarir dibidang tertentu.

Misalnya mau jadi database administrator atau database design, bisa ambil peminatan Applied Database atau Business Intellegence. Mau jadi konsultan untuk project di perusahaan besar? Tinggal pilih peminatan Applied ERP.

Hari gini masih nggak tau ERP itu apa? Mending Google, deh! :D

Baca Juga: Pilih Peminatan

3. Karirnya lumayan menjanjikan

Karirnya Lumayan Menjanjikan
Siapa yang nggak mau punya karir atau pekerjaan yang bagus?
sumber: pexels.com

Masih berkaitan dengan poin nomor dua. Jenjang karir untuk lulusan Sistem Informasi tuh cukup menjanjikan. Ruang lingkupnya cukup luas. Apalagi ditambah dengan peminatan yang gue sebutin di atas.

Lulusan Sistem Informasi bisa bekerja sebagai web/application developer, System Analyst, Tester (ngetes sistem aplikasi/web), project management (untuk yang ini sebaiknya sih ngelanjutin ke jenjang S2 atau banyakin pengalaman sebagai project manager di organisasi).

Suka ngedesain? Tenang, lulusan Sistem Informasi bisa kerja sebagai User Experience atau User Interface. Tentu karena anak sistem informasi bukan sekedar belajar teknologi, tapi juga belajar design, financial dan manajemen sehingga proyek dapat berjalan dengan sangat baik.

4. Ceweknya lumayan banyak

Cewek SI Lebih Banyak
Ceweknya banyak. Dan kalau udah masuk kategori cantik, cantiknya kebangetan!
sumber: pexels.com

Jurusan SI tuh hampir sama dengan TI. Mayoritas diisi oleh laki-laki. Tapi di kampus gue, cewek Sistem Informasi tuh jumlahnya lumayan banyak. Bahkan bisa dibilang lebih banyak daripada cewek di jurusan Teknologi Informatika. Ya meskipun nggak semodis anak Management, Akuntansi atau International Business, tapi sekalinya cakep, cewek Sistem Informasi tuh cakepnya kebangetan. Parah deh pokoknya.

Ini bukan semacam sarkas, tapi memang aslinya begitu. Dan sayangnya sebagian dari mereka udah jadi punya orang. Maka nggak heran kalau anak SI temen gue sampai nyari di luar jurusan dan dia beruntung bisa dapat yang lebih cakep daripada cewek yang dia suka waktu itu.

Nggak tau deh kalau di kampus lain. Hehehe.

Duka:

1. Kadang enggak sesuai yang diharapkan

Ini yang gue alami. Gue sebetulnya lebih suka web daripada mobile application. Mobile application memang cukup menjanjikan karena sekarang ini udah mulai masuk era mobile. Tarik uang, melakukan pembayaran, pokoknya semua udah bisa lewat aplikasi hape.

Gue yang begitu jago Bahasa Java hanya bisa melongo saat temen-temen gue belajar dengan sangat antusias. Mungkin karena dari awal mereka minatnya ke sana kali, ya, makanya tiap belajar tuh selalu antusias. Sedangkan gue jadi kurang semangat karena yang diharapkan malah nggak sesuai kenyataan.

Untung sekarang pelajarannya lebih terfokus berkat masuk peminatan. Mulai sekarang sampai lulus nanti gue resmi jadi mahasiswa Sistem Informasi dengan jenis peminatan e-business. Kalau dibandingkan dengan semester sebelumnya, porsi ilmu yang sekarang jauh seimbang karena mempelajari dua hal sekaligus: web dan mobile application.

Coba kalau dulu sebelum ambil peminatan. Belajarnya lebih fokus ke mobile application. Menangis.

2. Salah jurusan

Salah Pilih Jurusan
Mau pindah jurusan tapi sayang udah keluar banyak,
sumber: pexels.com

Untuk yang ini kayaknya hampir tiap fakultas punya mahasiswa salah jurusan deh. Tapi salah jurusan yang gue maksud di sini tuh yang bener-bener salah dan nggak tau sama sekali Sistem Informasi itu kayak apa. Pelajarannya kayak gimana dan kerjanya nanti jadi apa.

Bahkan salah seorang kawan mengaku kalau dulu dia kira Sistem Informasi tuh sejenis akutansi versi canggih—komputerisasi akutansi. Mungkin karena Sistem Informasi belum sepopuler Teknologi Informatika kali, ya, makanya banyak yang nggak tahu bahkan nyasar ke sini tanpa tau gambarannya kayak gimana.

Mau pindah jurusan… sayangnya udah keluar banyak. Akhirnya diterusin.

3. Ada matakuliah akuntansi lanjut untuk peminatan tertentu

Belajar Akutansi Lanjut
Akutansi lanjut itu yang dipelajari sama anak jurusan akutansi.
sumber: pexels.com

Nah, kabar buruk buat yang nggak suka atau menghindari akutansi. Di sini, anak Sistem Informasi juga belajar akutansi. Nggak, bukan akutansi dasar doang. Tapi juga akutansi lanjut atau level advancednya.

Gue akui, gue nggak suka akutansi. Gue bahkan menghidari matakuliah yang satu ini karena pernah punya pengalaman buruk. Jadi begini ceritanya. Dulu waktu awal masuk kuliah gue dapet matakuliah akutansi dasar. Mirisnya, gue gagal di matakuliah tersebut dan harus merelakan libur semester yang dua bulan lamanya itu untuk ambil semester pendek. Dengan kata lain, gue mengulang matakuliah yang gagal.

Padahal, materi akutansinya mirip pelajaran akuntansi pas gue SMA dulu. Gue merasa gagal sebagai mantan anak IPS. Akutansi dasar aja ngulang. Tapi meskipun ngulang, nilai gue jadi jauh lebih baik, kok. Ya, walaupun cuma dapat C. Okesip.

Nah, itu dia suka duka mahasiswa sistem informasi versi gue. Kalau ada yang mau menambahkan, silakan komen di bawah. Kalau kamu dari jurusan apa? Cerita, yuk! :)

 

 

STAY CONNECTED

Facebook || Google+ || Instagram || Twitter ||

email: [email protected]

8 KOMENTAR

  1. Akutansi; ngitung nominal bernol-nol banyak, sayang bukan duit sendiri.

    Tapi dari cerita seorang teman anak TI yang beberapa kali sharing cerita kuliah, kok kayaknya malah saman kayak SI yah. Y bikin web, mendesain, dll. Tapi apapun itu, ya begitu.

    Nggak terlalu ngerti sih muehehe. Lihat HTML aja keseleo :’)

  2. waduh, saya juga dulu (2016) pernah daftar pngen kuliah Teknik Informatika gan, TAPI nggak jadi…
    Gara2 bru tau klo bkal ada plajaran yg namanya “Kalkulus” sama “Integral”… Serem!!!

    Hingga akhirnya blm jadi kuliah smpai sekarang… -_-

    • Gue dulu pengin masuk TI tapi nggak bisa karena gue IPS :(
      Selalu ada hikmah dibalik setiap kejadian. Gue bersyukur nggak masuk TI karena pasti bakal puyeng ngelihat bahasa #C dan C++ :(
      Lho, kenapa gitu? Bingung pilih jurusannya, ya? XD

  3. Mbak dulu hampir ambil SI lho za, tapi akhirnya terjebak di dunia TI. Jujur berasa salah jurusan hahahaa, tapi ya diterusin juga karena sudah terlanjur…harusnya mbak memang ambil SI, sesuai dengan hati. Beruntunglah Reza yang sudah ada di dunia SI, semangat!!!!!

BERIKAN PENDAPAT ANDA

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter the captcha *

Setelah mampir jangan lupa tinggalin komentar, ya!\o/ Semoga harimu menyenangkan \o/

*komentar baru akan muncul apabila sudah di Approve terlebih dahulu oleh admin.