Antrean Masuk

Yohoho watsup men! Kembali lagi bersama gue, Reza si calon mahasiswa UI. Yah, di postingan kali ini gue pengen ngomongin soal antrean masuk yang mana antrean tersebut cukup ramai belakangan ini dan juga rada ngeselin juga saking ramenya.

Hm, ide untuk membuat postingan ini sebenarnya terinspirasi dari kegelisahan gue dan mungkin teman-teman juga mengalami hal yang sama seperti yang gue rasain belakangan ini. Dan, postingan ini telat. Iya, telat banget! Tapi gapapa lah ya, anggep aja postingan ini sebagai tempat untuk mendiskusikan masalah yang sama-sama kita hadepin. Dan semoga ke depannya antrean masuk yang panjang dan nyebelin ini tidak terulang kembali, ya?

Hm, kira-kira antrean apa yang ingin gue bahas di sini? Antrean sembako? Salah! Antrean masuk kereta api? Salah juga! Nah, penasaran kan? Sama! Gue juga! Yaudah, tanpa basa-basi lagi simak pembahasan gue tentang antrean masuk \o/

Setelah gue dan temen-temen yang lain diberi sebuah kertas kecil yang di dalamnya ada akses menuju halaman PDSS, sepulang dari belajar tambahan, gue buru-buru hidupin laptop dan login.

Baca Juga: Yakin

Oya… sebelum bisa mengakses halaman PDSS secara keseluruhan, para peserta yang ingin mengikuti SNMPTN wajib! Sekali lagi wajib! Wajib untuk merubah password terlebih dahulu supaya bisa mengakses website PDSS secara keseluruhan.

Di hari pertama semuanya lancar-lancar aja. Persis kayak hubungan orang yang baru pacaran. Belum ada masalah yang ditemuin. Di hari pertama gue cuman lihat-lihat doang dan belum mengganti password. Di hari kedua, barulah gue nemuin satu masalah dari sisi gue. Yang mana masalah itu harus segera diselesaikan secepat mungkin. Dan masalah yang gue temuin tuh bukan masalah sepele, tapi masalah besar. Iya, besar! Masalahnya terletak di data nilai raport gue yang ada di website PDSS tidak sama dengan yang ada di raport.

Peserta yang ingin mengikuti SNMPTN sebelumnya harus melengkapi data-data yang ada. Entah itu data kelas, nilai, nama lengkap, dan lain-lain. Bila ditemukan satu aja kesalahan, baik salah nilai (tidak sesuai dengan yang di raport), nama yang tidak sesuai dengan di raport dan ijazah, sampai masalah nilai yang kosong atau tidak dimasukan di halaman PDSS tersebut, harus segera melakukan perbaikan dengan cara melapor ke pihak sekolah.

Mengenai masalah yang gue temuin di hari kedua, letaknya ada di nilai raport semester 4 untuk mata pelajaran Sosiologi dan Ekonomi yang tidak di masukan atau bahkan lupa dimasukin sama pihak sekolah di data PDSS. Dan itu sudah masuk hari kedua setelah pembagian akses masuk. Beruntung hari itu gue sempat nanya sama guru bagian konseling. Dan kata guru tersebut, gue harus lapor ke guru yang ngurusin data siswa untuk SNMPTN.

Memasuki hari ketiga. Di hari ketiga gue membawa fotokopi nilai raport semester 4 serta hasil print dari nilai raport semester 4 yang gue download di halaman PDSS. Betul. Memang ada dua mata pelajaran yang tidak di masukan oleh sekolah.

Ternyata bukan cuman gue sendiri yang mempunyai masalah di nilai raport. Ada Dio yang juga menemanin gue. Dia juga mempunya masalah serupa, nilainya tidak dimasukin. Kalau gue cuman dua mata pelajaran saja yang lupa dimasukin, sementara Dio satu semester. Satu semester nilainya kosong di data PDSS. Itu artinya gue masih beruntung daripada Dio.

Kami pun menemui guru yang bersangkutan. Memberitahukan letak kesalahannya. Guru tersebut menyanggupi untuk merubah kesalahan data kami.

Sesampainya di rumah, gue hidupin laptop lagi. Melihat nilai raport gue udah di masukin atau belum.

“Kampret! Ternyata belum di ubah.” batin gue.

Malamnya, gue mendapati BBM dari Dio. Dia minta tolong sama gue untuk melihat data dia. Gue menyanggupi. Pas gue mau mengakses halaman PDSS, halamannya error. Persis seperti yang dialami Dio. Website PDSS tidak bisa dibuka.

Baca Juga: Akhiri Saja

Sebenarnya bukan cuman Dio atau gue saja yang tidak bisa membuka website PDSS. Tapi semuanya. Gue lihat banyak banget yang ngeluh. Baik itu di Twitter, BBM, Facebook dan Line. Lalu jam 23.50 Dio bbm gue lagi dan dia bilang kalau PDSS sudah bisa dibuka. Gue cuek aja karena lagi males.

Paginya, pas bangun tidur, gue mengakses halaman PDSS melalui hape dan hasilnya masih sama. Tetap tidak bisa dibuka. Sebenarnya bisa, sih. Tapi pas di klik “halaman untuk siswa”, ntah kenapa tidak bisa lanjut ke halaman berikutnya yang mana seharusnya langsung menuju ke halaman login. Gue nengok ada pengumuman baru yang mengatakan kalau jadwal untuk pengisian data oleh sekolah dan verifikasi nilai oleh siswa baru saja di revisi.

Tidak-Bisa-Buka-Halaman-Untuk-Siswa
Tidak Bisa Klik lanjut dan pengumuman baru

Jadwal semula untuk pengisian data sampai hari Sabtu tanggal 20 Februari 2016 diberikan kesempatan untuk menyelesaikan pengisian maupun perubahan datan sampai hari minggu tanggal 21 Februari 2016.

Sementara verifikasi oleh siswa baru bisa di lakukan hari Senin tanggal 22 Februari sampai Selasa 23 Februari.

Bersamaan dengan pengumuman itu, gue mendapati Broadcast bodong yang isinya

Bagi Kelas 12 SMA/SMK Negeri/Swasta yang udah login dan verifikasi nilai PDSS untuk SNMPTN, MOHON KERJASAMANYA untuk meng-logoutkan akunnya masing-masing. Karena servernya selalu penuh, jadi yang belum verifikasi gak bisa login.

Lah, apaan ini. Ini bukan soal lupa me-logout akun woi! Tapi ini soal trafik aksesnya yang tinggi sehingga servernya gak kuat menampung jumlah visitor yang berebut akses ke website tersebut! Udah jelas di bawahnya di beri gambaran jumlah trafik aksesnya. Masih ada aja yang ngirim broadcast bodong.

Trafik-Akses
Trafik Akses PDSS

Bayangin aja. Yang buka website PDSS itu bukan cuman pelajar Bengkulu doang! Tapi dari seluruh Indonesia! Bayangin berapa jumlah pelajar SMA/SMK/MA di Indonesia dan semuanya berusaha masuk ke website tersebut! Wajar saja kalau selama ini websitenya sering error. Itu semua karena servernya down, bego!

Entah darimana orang-orang tersebut mendapat ilham soal akun yang lupa di logout bisa menyebabkan server penuh. Gue gak habis pikir. Percuma aja lo broadcast begitu. Toh servernya tetep akan penuh, kok. :)

Baca Juga: Percuma

Nah, memasuki hari H untuk melakukan verifikasi. Nampaknya sih tidak di dapatin error saat ingin login. Apa semuanya sudah melakukan verifikasi dari semalam, ya? Mungkin saja. Gue lihat dan gue coba semuanya lancar-lancar aja hari ini.

Nah, pagi tadi gue memanfaatkan kelancaran akses tersebut untuk melakukan tindakan verifikasi terhadap nilai raport gue. Dari yang gue lihat… mata pelajaran yang sebelumnya tidak di masukin ternyata sudah di masukin sama guru yang bersangkutan. Daripada menunda-nunda dan akhirnya gak bisa login gara-gara server penuh, mending langsung verifikasi aja biar pikiran tenang :p

Yak.. akhirnya gue bisa tenang juga. Gak repot-repot lagi mikirin server down. Bodo amat. Yang penting gue udah verifikasi nilai. Gue bebas! Gak perlu ikut antrean masuk yang membludak itu lagi\o/

Yohoho adakah diantara kalian yang membaca postingan ini mendapati masalah yang sama seperti yang gue alamin? Kalau ada, mungkin kita berjodoh *eh

Yah saran gue sih yang belum verifikasi ada baiknya untuk segera melakukan verifikasi karena kalau tidak ditakutkan nanti terjadi error lagi atau antrean masuk yang panjang :p

Yak cukup sekian postingan gue kali ini. Jangan lupa untuk klik tombol ‘like’ pada fanpage gue yang ada di sebelah kanan atas di blog ini atau bisa juga dengan cara klik di sini yang nantinya akan mengarahkan kalian pada laman fanspage gue di Facebook. Jangan lupa ninggalin jejak karena seorang blogger yang baik selalu ninggalin jejak dimanapun dia berada\o/

Gue gak tau postingan ini bermanfaat atau enggak buat kalian, tapi yang jelas postingan ini lebih banyak gak bermanfaatnya daripada bermanfaat. Semoga kalian bisa mengambil setiap pelajaran dalam tulisan gue ini ya walaupun gue yakin, gak ada pelajaran di dalamnya karena gue bukan seorang guru yang baik. Jangan lupa juga untuk nge-share ke setiap sosial media yang kalian punya, ya. Sekian dan terima kasih~ \o/

Ciaaaoo~



27 COMMENTS

  1. Gue belum pernah ikut SNMPTN, sih, soalnya waktu itu telat ngumpulin data-datanya, biasalah males-malesan di awal eh akhirnya malah panik. Jadinya gue baru tau PDSS itu dari lo haha. Ikutnya gue waktu itu SBMPTN.

    Ciee calon mahasiswa UI. Sukses lah buat tes, seleksi dan lain-lainnya. :)

  2. Hai calon anak UI, saya juga calun anak UI loh nanti kita bertemu yaaa *Aminnn*
    Wah ternyata hampir semua sekolah kaya gitu yaa? kirain sekolah gua doang, malah lebih parahnya ada rumor disekolah gua yang bilang server sekolah gua dihack jadi ga bisa di login, ternyata emangnya penuh yaaa :D
    Gua juga ada beberapa nilai yang di PDSS ga sama kaya di raport, jadi kudu bulak-balik ke guru bersangkutan deh, untung sekarang udah kelar. Dannnn, gua juga udah di verifikasi yeay :D

  3. Salam dari calon mahasiswa UGM.

    Kita beda nasib kawan, dulu aku sekali hajar langsung tembus huehehe. Baru aja iseng ngecek malah disuruh nunggu 5 menit, ya langsung aku close. Rumornya sih lewat chrome lebih lancar, gak tau bener apa gak.

    Itu dr dinas apa gak ada penanganan gitu ya. Diapain gitulah biar servernya kuat nampung. Kurang modal apa gimana?

    • Widih, UGM Bray\o/
      Ya.. itu tandanya lagi rame yang akses. Gak ngaruh, sih, gue juga buka lewat chrome kok. Sama aja :)
      Belum keliatan tuh kayaknya. Capacity nya cuman mampu menampung segitu ya gak bisa diakalin. Kecuali kalo space nya di besarin. Baru bisa lancar :)
      Gue rasa modal pemerintah juga udah ada kok, ya kali aja dana yang harusnya digunain untuk membenah server ini malah diselewengkan. Mungkin ya. Gue juga gak tau gimana di baliknya :)

  4. Tadinya gua malah takut banget pas servernya penuh terus gua jadi nggak bisa masuk, tapi untungnya waktu verifikasi diperpanjang sampe hari Selasa dan hari Senin paginya gua langsung buru-buru verifikasi. Fiuh~

    • Wohoho kita sama! Gue juga takut gak bisa masuk dikarenakan servernya waktu itu lagi penuh. Ditambah lagi nilai gue belum diperbaiki sama guru. Untung saja ya Ham. Gue juga pagi Senin langsung verifikasi nilai-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter the captcha *

Setelah mampir jangan lupa tinggalin komentar, ya!\o/ Semoga harimu menyenangkan \o/

*komentar baru akan muncul apabila sudah di Approve terlebih dahulu oleh admin.