Ini Dia Kenapa Blogspot.com Berubah Menjadi Blogspot.co.id

Beberapa waktu yang lalu sobat blogger yang menggunakan platform Blogger (blogspot) sempat di kagetkan dengan berubahnya alamat blog mereka dari yang sebelumnya beralamat nama-blog.blogspot.com menjadi nama-blog.blogspot.co.id.

Perubahan domain dari platform blogspot ini sempat membuat para blogger panik akibat alamat blog mereka mengalami perubahan. Pada umumnya sebuah website/blog akan kehilangan beberapa hal akibat dari bergantinya alamat. Beberapa hal yang timbul dari akibat perubahan alamat domain sebagai berikut:

1. DA dan PA-nya akan menurun karena dianggap sebagai domain baru.

2. Alexa rank akan membengkak.

3. Iklan di dalam blog akan hilang.

4. Traffic blog menurun

(beberapa hal di atas gue tangkap dari komentar dari Kawancut yang mengeluhkan bahwa iklan di blognya menghilang).

Komentar lain datang dari Kak Vina, sang pendiri komunitas blogger kreatif di Indonesia yang bernama Kancut Keblenger. Dalam sebuah diskusi grup yang tengah membahas tentang perubahan alamat blog, Kak Vina berkomentar, “btw blog gue rame gara2 keyword “horny” terus gue coba cek di google, apakah hilang apa ngga, ternyata masih ada di page 1… gue kira bakal berubah

Kok bisa begitu ya? Harusnya sih SEO-nya mengulang dari bawah lagi karena perubahan domain. Tapi setelah menganalisis kembali, gue mendapati hasil sebagai berikut, “Normalnya akan hilang kak setelah berganti domain. Tapi mungkin ini sama seperti layaknya google.com sama google.co.id. Nah, karena letaknya/diakses di negara Indonesia, maka diberikan/disiapkan domain khusus negara yakni .co.id. Maka, ketika kita mengakses menggunakan blogspot.com diujungnya, otomatis di redirect ke blogspot.co.id. Sistemnya tetap sama seperti sebelumnya. Tidak terjadi perubahan apapun di dalam blog. Hanya saja terjadi perubahan domain dari yang sebelumnya menggunakan TLD (blogspot.com), beralih menggunakan Country Code Top Level Domain (ccTLD) yakni blogspot.co.id.

Dan ternyata Kak Vina kagum sama analisis gue. Wah, senang rasanya ada yang suka sama analisis gue. Tumben-tumbenan sih gue memberikan analisis yang nyambung, biasanya mah analisis gue ngawur dan nggak nyambung. Tapi kali ini bisa dibilang “Hampir nyambung” lah ya. Mungkin karena ini berhubungan sama teknologi kali ya mangkanya gue bisa seserius ini XD

Teori redirect

 

Apa tujuan dari pengalihan domain ini?

Tujuannya adalah mengontrol kebijakan bahwa blog tidak boleh melanggar kebijakan dari suatu negara. Maka, seandainya suatu blog melanggar kebijakan dari negara suatu negara, kita sebut saja kebijakan dari negara Indonesia, maka blog kita untuk negara tersebut akan dihapus. Tapi hanya di Indonesia saja, bila diakses dari negara lain masih ada dan tidak dihapus.

Untuk lebih jelasnya silahkan kalian baca di sini.

Ini Dia Kenapa Blogspot.com Berubah Menjadi Blogspot.co.id…

Ketika mengetikkan alamat blog menggunakan .com, maka kita otomatis akan di redirect secara otomatis ke alamat blog yang sama namun berdomain .co.id. Bukan .com. Tapi bila kita mengakses dari negara lain, Singapura misalnya, maka domainnya akan menjadi blogspot.co.sg. Bila diakses dari Jepang akan menjadi blogspot.co.jp. Seperti itu, menuruti ccTLD dari negara tempat kita mengakses.

Hal ini hanya dirasakan oleh sobat blogger yang belum menggunakan domain sendiri. Jika sudah punya domain mandiri, maka hal-hal di atas tidak akan dirasakan oleh pemilik domain sendiri. Saran gue, kalo udah sudah serius nulis blog, nggak ada salahnya dong kalau beli domain sendiri. Heheheh…

Google memang canggih dan pintar. Pantas bila dijuluki sebagai raksasa internet dan tempatnya orang-orang kreatif/jenius bekerja. Bagaimana tidak, jika saja orang-orang bodoh dipekerjakan di Google, maka pastinya blog-blog yang ada akan semakin jatuh dikarenakan perubahan domain. Kenapa gue sebut bahwa Google canggih dan pintar? Itu karena dalam hal ini Google menggunakan 301 redirect.

Jadi apa sih itu 301 redirect?

301 adalah jenis redirect dimana dapat digunakan disebuah blog lama dan mengarahkan trafik yang datang dari blog menuju URL yang sudah ditentukan / blog baru. Kalian dapat membacanya di sini.

Kalau saja Google tidak menggunakan 301 redirect, apa yang akan terjadi pada blog kamu? Isi aja sendiri :p

Sebenarnya 301 lebih baik digunakan jika kamu benar-benar ingin mengganti nama domain (dalam kasus ini Google ingin mengganti nama domain dari blogspot.com menjadi blogspot.co.id) atau mengalihkan seluruh akses dari situs lama ke situs yang baru.

Bagaimana sih cara kerjanya?

Berikut ini adalah cara kerja dari 301 redirect:

Cara kerja 301 redirects
Sumber: http://www.webnetism.com/

Kapan 301 redirect ini diterapkan?

301 redirect terapkan pada saat:

1. Lokasi ( URL ) dari halaman blog telah berubah

2. Halaman blog atau konten telah dihapus , dan ada alternatif yang relevan

3. Pada saat struktur blog atau URL mengalami perubahan karena punya blog baru.

Sudah jelas bukan? Gue rasa penjelasan ini sudah cukup jelas. Demikian hasil analisis yang dapat gue bagikan kepada kalian semua. Bila analisis gue ini ada yang salah, mohon dikoreksi kembali karena sesungguhnya manusia tidak luput dari kesahalahan dan bila informasi ini bermanfaat, tolong dihargai dengan cara meng-share artikel ini dan meninggalkan komentar pada postingan ini :))

Apabila ada yang ingin ditanyakan, silahkan! Gue akan menjawab semampu gue! :))



50 COMMENTS

    • Iya mbak. Karena perubahan domain tadi, maka otomatis Alexa dan Adsense akan menganggap bahwa kita menggunakan URL baru. Mangkanya tuh, alexanya mengulang lagi jadi gendut dan iklan di adsensenya gak nongol di blog :D

    • Iyakah? Gue belum melakukan pengecekan lagi setelah menulis artikel ini. Tapi mungkin aja begitu.
      Hmm maybe. Atau jangan-jangan Google di protes karena perubahan domain ini mengakibatkan kerugian diberbagai sisi :D

    • Iya. Seo akan diulang lagi dari awal. Tapi apabila kamu berganti domain (menggunakan domain sendiri), maka yang harus kamu lakukan adalah men-submit kembali alamat blog kamu ke Google webmaster tool. Lalu setelahnya, submit sitemapnya juga.
      Bagusnya sih diganti aja supaya brand kamu lebih jelas gitu. Tapi kalo kamu udah nyaman sama domainmu yang sekarang gak diganti juga gapapa :))

    • Perubahan yang terjadi setelah mengganti domain sudah gue sebutin di dalam artikel ini. Tapi apabila lo melakukan sesuai saran gue, maka dampaknya bisa diminimalisir kalau lo ngincer SEO. Tapi hal yang pasti terjadi adalah DA kamu akan menjadi 1, alexa membengkak, karena dampak dari perubahan domain tadi. Kalo lo rajin membuat postingan baru dan berkualitas, maka DA-nya akan segera meningkat dan Alexanya kurusan :))

  1. Seperti yang dikatakan mas sutoro.web.id, bagi mereka yang tidak mau alamat blogspotnya terdirect otomatis, sepertinya masih ada cara alternatif yaitu dengan menambahkan sedikit script di dalam template blog. Untuk caranya bisa digoogling aja.

    Saya juga menerapkan cara ini. Soalnya buat jaga-jaga aja, kalu memang google melakukan index dari awal lagi. Tapi sesuai pantauan saya pada hari kedua dan ketiga pasca perubahan, alexa masih stabil2 saja kok, sampai dengan hari ini.

  2. LAH SUMPAH GA MUDENG… Ini ilmu apaan sih #nangis

    Tapi satu hal ya, kirain aku .co.id atau .co.sg atau .co.jp itu tergantung ‘sang pemilik’ blog nya, bukan tergantung ‘sang pengunjung’ blognya .-.

    Jadi kalau orang yang punya blog nya di Australia misalnya, alamatnya jadi blablabla.blogspot.co.au, meskipun kita akses dari Indonesia tetep .co.au karena si empunya di au, bukan di id.
    Kirain aku gitu sih .-.

    Pacar gue juga suka bilang bahwa trafik blog dia turun karena ganti domain (dia pake domain sendiri), dia nanya apakah yg gue juga turun kalau jadi .co.id. Gue bilang nggak, tapi gue gatau alesannya.
    Oh ternyata karena re-direct itu ya x))
    Makasih loh udah berbagi meskipun otak gue ga cukup kapasitas untuk menampung informasi berat begini, hehe.

    • Jahahaha ini ilmu hitam namanya kak :p
      Iya, awalnya gue mikir juga gitu. Tapi setelah gue mengutarakan analisis gue tadi, lalu di grup KK ada yang berkomentar, bahwa dia mengunjungi blog orang Malaysia tapi kok domainnya blogspot.co.id ketika diakses? Itu artinya domain dari blog si pemilik bergantung dari dimana tempat kita mengakses blognya.
      Hahaha terima kasih kembali kak :))

  3. nggak nyangka soal perubahan ini aja sampe bikin geger ya. tapi itu cukup ribet juga ya penjelasannya. ah gk ngerti lah meski di jelasin

    btw kayaknya itu cuma beberapa hari doang ya. yang saya sempet ganti jadi .co.id
    tapi sekarang udah balik ke .com
    dan kalau di cek alexanya masih tetap gitu aja

    gk thu tuh sama PA DA nya

  4. Gile, Za! Aku bacanya nyampe kagum wkwk. Mungkin ketularan mpok Vina. Heu.
    Kamu ahli bidang IT atau gimana sih, detail dan jelas syekali. Aku nggak ngerti sistemnya. Cuman, kalo dibaca mah ngerti.
    Pantesan. Waktu aku ngunjungin blog berflatform blogspot.com napa langsung liat alamatnya jadi blogspot.co.id… oh…. Seperti itu.
    Makasih pembelajarannya, Za!

  5. Iya, waktu pertama kali gue cek ke blog gue ternyata bener jadi .blogspot.co.id. Gue sih sempet kaget. Tapi, untungnya semua berjalan sesuai dengan kemauan saya. #ciyeeee.

    Btw, teorinya.. ga ngerti blas. Kapan-kapan boleh ajari aku ga? :3

  6. Great to see that someone still understand how to create an awesome blog.
    The blog is genuinely impressive in all aspects.
    This a Good blog.

  7. mantap om.. penjelasannya tu lhoo.. rincii bgt..
    terimakasih.. mungkin juga karena efek baru dari updetan robot google pa da gak ngaruh khusus yang itu

  8. Hello, I believe your web site could possibly be having
    internet browser compatibility problems. When I take a look at your
    blog in Safari, it looks fine however when opening in IE, it’s got some overlapping issues.
    I merely wanted to give you a quick heads up!
    Other than that, wonderful blog!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter the captcha *

Setelah mampir jangan lupa tinggalin komentar, ya!\o/ Semoga harimu menyenangkan \o/

*komentar baru akan muncul apabila sudah di Approve terlebih dahulu oleh admin.