Pernah gak kalian punya seorang temen baik itu satu sekolah, kelas, sepermainan, temen jauh, yang kadang-kadang tingkahnya itu membuat kalian sebel dan muak ngelihatnya?

Gue sendiri punya temen yang kayak gini. Muak banget ngelihat kelakuannya. Mau dijauhin tapi gak bisa karena dia selalu berusaha untuk deket. Kalau gue ngomong secara langsung sama orangnya tapi nanti malah ribut dan itu sama artinya dengan gue memutus tali pertemanan. Dan lagi, kadang dia suka baik sama gue dengan nebengin pulang.

Sebenarnya bukan cuman gue sendiri yang muak sama kelakuan orang ini, tapi yang lain juga muak sama tingkahnya. Bahkan ‘mantan’ temen sekelasnya dulu juga muak sama dia. Sifatnya yang kadang suka pamer, sok hebat, sok perfect. Dan lain sebagainya. Kalian pasti punya temen yang sifatnya kayak gini bukan? Pasti ada. Gue tau. Karena orang-orang yang sifatnya kayak gini tuh pasti selalu ada di setiap pertemanan. Baik temen sekolah, temen kampus bahkan temen kerja.

Kalau kalian ngelihat langsung bagaimana tingkah temen gue yang satu ini, gue yakin kalian bakal muak dan masuk dalam barisan orang-orang yang kurang senang sama dia. Gue yakin itu. Karena udah banyak banget buktinya.

Baca Juga: IPA vs IPS

Tapi kali ini gue bukan mau nyeritain tentang dia. Gue mau ngomongin Tipe-tipe Teman yang Nyebelin. Berikut adalah Tipe-tipe Teman yang Nyebelin:

1. Suka Sok Hebat

Yak, yang pertama adalah suka sok hebat. Suka sok hebat di depan orang banyak. Tipe orang kayak ini tuh nyebelin banget dan bikin muak menurut gue. Bagaimana gak muak, dia berlaku seolah-olah dia sendiri yang paling hebat. Seolah-olah gak ada orang yang lebih hebat dari dia. Cuman dia yang paling hebat. Gue muak tipe orang kayak gitu.

Contoh kasusnya begini:

Dalam sebuah permainan game biasanya ada si hebat dan si lemah. Si hebat ini ngerendahin yang lemah. “Ah, cemen banget lo mainnya. Masa gitu doang gak bisa”. Lalu si lemah ini cuman bisa tersenyum ketika di remehin sama si hebat. Si lemah gak bisa berbuat apa-apa karena memang dia gak ada apa-apanya dibandingin si hebat.

Namun disudut lain, ada orang yang lebih hebat lagi dari dia yang juga bermain game yang sama. Orang yang lebih hebat tersebut cuman tersenyum melihat kelakuan ‘si hebat’ yang ngerendahin si lemah. Si Hebat yang satu ini padahal lebih hebat dari dia tapi dia sama sekali gak mau nunjukin kehebatannya itu. Karena dia sadar bahwa dulunya dia juga sama seperti si lemah. Berasal dari seorang yang lemah banget ketika bermain game namun seiring berjalannya waktu dan bertambahnya pengalaman, dia jadi semakin lebih hebat.

Gak cuman dalam game aja kok. Banyak contoh lain sebenarnya. Tapi supaya lebih mudah gue mengambil contoh dari sebuah permainan game. Jujur gue punya temen yang kayak gini. Ya kadang gue rasanya pengen ketawa ngelihat dia yang suka sok hebat. Gak tega sih sebenarnya ngelihat temen gue yang satu lagi di remehin. Mau gimana lagi, gue lebih baik diam dan gak usah ikut campur urusan mereka.

Ingat… di atas langit masih ada langit :)

Baca Juga: Pertanyaan Nyebelin Sewaktu Lebaran

2. Suka Pamer

Kalian pasti punya temen yang suka pamer, kan? IYA! Gue juga punya temen yang kayak gini! Dia itu suka pamer. Apalagi baru-baru ini dia baru aja beli sesuatu yang dianggep ‘wow’ banget.

Suka-Pamer
sumber: imgur.com

Orang-orang kayak ini tuh suka banget memamerkan sesuatu yang dia miliki. Semisalnya dia baru aja beli hp baru yang anti air. Lalu ketika sedang ngumpul-ngumpul sama yang lain, tiba-tiba orang ini mencelupkan hpnya itu ke dalam air. Seolah mengisyaratkan ‘aku punya hp yang anti air. Kalian harus tahu itu!’

3. Seolah Paling Tahu Sendiri

Orang yang kayak gini tuh bikin muak banget. Dan kampretnya gue punya temen yang kayak gini. Kadang dalam kesendirian gue bertanya-tanya, “Makhluk kayak gini untuk apa sih di ciptakan?” saking sebelnya. Makhluk kayak gini tuh gak guna banget kalau menurut gue. Seolah ia yang lebih tahu dibanding yang lain. Padahal mah aslinya ada yang lebih tahu lagi, cuman orang yang lebih tahu ini malu dan lebih memilih untuk diam.

sok-tahu

4. Seolah Paling Perfect Sendiri

Iya! Nyebelin banget punya temen yang kayak gini. Seolah-olah dia sendiri yang paling sempurna. Gue punya temen, dia ini orangnya sok paling sempurna. Punya mobil mewah, punya hp canggih, punya ini itu dan segala macam. Padahal bukan dia loh yang punya, tapi saudaranya. Dan itu belum tentu bener karena di zaman sekarang ini ada sebuah aturan: No pict = hoax. Kalian pasti pernah denger aturan ini bukan? Hihihi…

Dia itu orangnya sok serba punya. Gue heran aja. Apa-apa saudaranya punya. Punya ini itu. Hebat banget kan? Gue pengen ketawa dibuatnya ketika mendengar. Misalnya begini: “Abang sepupuku punya motor CBR. Rantainya putus sewaktu di bawa ngebut”. Yah, itu kan abang sepupu lo. Bukan punya lo. Ngapain di ceritakan? Gak guna! Dan gak diikutsertakan sama bukti. Gak bisa dipercaya.

Nah itu dia Tipe-tipe Teman yang Nyebelin versi gue. Bagaimana cara menyikapi orang-orang kayak gini? Diem aja. Jauhi bila perlu. Jangan sampai terpancing sama omongannya.

Bagaimana tipe-tipe teman yang nyebelin menurut kalian? Yok share pendapatmu di kolom komentar di bawah ini!

 

9 KOMENTAR

  1. So damn true! Gue punya banget temen yg ada di 4 kategori di atas. Dulu akrab banget pas smp, sma, pas udah kuliah sombongnya makin mengerikan aja–”
    Diajak ngumpul sok sibuk terus, omongannya tinggi bet, dan bikin iyuh. Haha. Yowes, ga gue gubris lagi. Dan anaknya mungkin juga udh lupa kalo pernah temenan sama gue-_-

    • Waduh… gawat juga ya temen lo itu. Gue juga punya temen yang ada di 4 kategori yang gue sebutin. 4 kategori itu ada di dalam dirinya. Jadi kebayang kan gimana eneknya punya kawan kayak gitu -__-

  2. Kalau gue pernah punya temen sekelas yang kalau ngomong, bohongnya minta ampun. Pas dia ngomong tuh gue dan temen2 yg lain percaya aja, karena ngomongnya meyakinkan banget. Eh taunya bohong semua. Dan parahnya lagi, kami udah sering ketipu sama dia -_-

    • Wah iya. Gue juga punya temen yang kayak gitu. Parah ya. Tapi karena gue gak begitu mudah dalam mempercayai seseorang (menurut kata hati), jadi gue gak tertipu sama temen gue yang itu. Hihihi

  3. Kalo di waktu smp dan sma dulu aku sih punya teman yang kayak gitu, kebiasaanya cerita yang bisa bikin orang ngiri.. Tapi untungnya aku bukan orang yang suka iri atau mudah percaya sama orang sebelum aku lihat sendiri apa yang di omongin..

    Dan gak suka banget saya kalo ada orang yang ngomongnya selalu ketinggian dan membanggakan keturunan contohnya bapakku beli apartemen mewah, ibukku beli emas 1 kilo, saudaraku kemaren baru pulan dari paris dan lain-lain.

    Orang kayak gitu tu, bullshit banget gan menurut saya.. Padahal dirinya sendiri gak ada apa-apa, cuma pinter cerita dan banggain orang lain.. Moga kita dijauhkan dari sifat seperti itu serta dari orang yang memiliki sifat seperti itu ya gan.. Amin

  4. Ya begitulah sifat manusia. Berbeda-beda. Tapi, gua lebih suka melihat indah perbedaannya saja, sih.

    Tentang suka sok hebat, tergantung orangnya sih. Kalau ‘sahabat’ dan udah deket banget, pasti udah biasa saling ngejek dan rendahin. Otomatis nggak dibawa ke hati

    • Iyap, betul. Kalau sahabat sih gak perlu di bawa ke hati lah ya karena meski candaannya nyakitin, tapi dia tetaplah seorang sahabat.
      Tapi masalahnya dia bukan sahabat gue. Cuman seorang teman :3

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter the captcha *

Setelah mampir jangan lupa tinggalin komentar, ya!\o/ Semoga harimu menyenangkan \o/

*komentar baru akan muncul apabila sudah di Approve terlebih dahulu oleh admin.