Kamis, 6 Agustus 2020
Home Tips Bosan di Rumah Aja? Ini Dia Kegiatan Seru Selama WFH

Bosan di Rumah Aja? Ini Dia Kegiatan Seru Selama WFH

on

Sudah hampir dua bulan sejak ditetapkannya WFH. Beberapa aktivitas mulai dialihkan. Bekerja, belajar, beribadah, semua dikerjakan dari rumah masing-masing. Tidak heran jika kata “bosan” menjadi hits belakangan ini. Khususnya di media sosial.

Awalnya memang biasa saja. Tapi seiring waktu, gue pun mulai bosan dengan kata bosan itu sendiri. Gue berusaha mengerti. Sebagai anak rumahan, beraktivitas dari rumah tentu bukan masalah buat gue. Tapi, lain cerita dengan kawan-kawan yang bukan anak rumahan. Dalam situasi seperti sekarang ini, menjadi wajar jika merasa bosan dan mengeluarkan keluh kesah di media sosial karena mereka tidak atau bahkan belum terbiasa.

Untuk itu lah, kali ini gue ingin berbagi cerita tentang kegiatan seru selama WFH. Kegiatan ini gue lakukan untuk mengusir bosan selama di rumah. Jadi, begini ceritanya…

1. Belajar.

Belajar menjadi kegiatan rutin yang gue lakukan selama masa pandemi. Ini semua berkat teknologi yang memungkinkan kegiatan belajar secara online. Teknologi juga membuat proses belajar jadi lebih menyenangkan karena materinya tidak hanya dalam bentuk teks, tapi juga dikemas dalam bentuk video.

Ide ini sebenarnya berawal dari keinginan gue untuk belajar satu bidang ilmu yang tidak diajarkan sewaktu kuliah dulu, yaitu keuangan. Ini bukan soal melipatgandakan uang, ya. Tapi lebih ke cara manajemen uang itu sendiri. Karena ingin belajar, gue mulai mencari materi yang berhubungan dengan bidang keuangan.

Dengan modal laptop, jaringan internet dan keyword yang tepat, dalam waktu singkat gue sudah menemukan materi dari topik yang gue cari. Terdapat 3 pilihan topik, diantaranya Ekonomi Makro, Ekonomi Mikro dan Pasar Modal. Sebagai awalan, gue memulai pelajaran dari topik Pasar Modal dengan sub topik Bunga dan Hutang.

Gue pun memulai pelajaran pertama. Materi pertama yang gue pelajari yaitu introduction compound interest. Sebagai informasi, karena websitenya berasal dari luar Indonesia, maka seluruh materi dan penyampaiannya menggunakan English.

Belajar dari rumah
Belajar dari Rumah
Sumber gambar: From Video Daniel White

Siapa sangka, ide iseng ini rupanya mengantarkan gue untuk mempelajari bidang lainnya. Sampai saat ini setidaknya gue sudah mempelajari 4 bidang ilmu. Seperti keuangan, desain, pemasaran, dan juga teknologi.

2. Main Game.

Bermain game merupakan kegiatan untuk menghilangkan stress yang sangat efektif dalam situasi sekarang ini. Selain menyenangkan, bermain game juga bisa menghilangkan bosan selama di rumah. Gue pribadi biasanya akan main ketika lagi bosan atau saat sedang pengen main. Untuk gamenya sendiri, yang gue mainkan adalah game PC dengan genre FPS (First Person Shooting) seperti Counter-Strike dan Rainbow Six Siege.

Pengalaman Visual yang super halus
Visualnya Halus Banget
Sumber: doc. pribadi

Game lainnya yang juga gue mainkan yaitu Deceit. Game ini mirip seperti permainan Werewolf tapi versi zombi. Cara mainnya pun sama di mana pemain harus menebak siapa zombienya dan akan ada adu argumen seperti di permainan Werewolf.

Kalau lagi main, gue bisa menghabiskan waktu berjam-jam di depan laptop dan baru akan berhenti ketika disuruh nyokap belanja ke pasar sudah mulai bosan atau memenuhi target yang dibuat sebelum main.

3. Membaca Buku

Selain bermain game, membaca buku merupakan kegiatan yang juga gue lakukan selama di rumah. Harus gue akui bahwa selama WFH gue jadi punya banyak waktu untuk membaca dan banyak buku yang sudah gue baca selama di rumah.

Buku yang gue baca adalah jenis buku digital atau lebih dikenal dengan sebutan e-books. Buku digital tersebut, gue dapatkan secara legal dengan melakukan pembelian melalui Google Play Books.

Melalui pembelian tersebut gue sudah bisa mendapatkan buku dengan kualitas, isi, dan tata halaman yang sama dengan versi cetaknya. Yang paling gue suka, harganya jauh lebih murah dibanding versi cetak karena Google sering memberikan promo. Belum lagi digabung dengan promo dari perusahaan e-wallet.

Alasan gue memilih e-books sebenarnya tidak lain karena ingin menghemat ruangan. Sebagai anak kos, menghemat ruangan merupakan suatu keharusan karena ukuran kamar yang terbatas. Meski artinya enggak bisa mencium aroma buku yang baru dibuka, gue rasa itu bukan masalah karena bagian paling penting dari sebuah buku adalah isinya.

Untuk bukunya sendiri, yang sudah gue baca selama di rumah yaitu Supernova (KPBJ dan Akar), Financial Management Canvas, Setengah Jalan, Manusia Harimau dan komik Si Juki. Gue ingin menyampaikan terima kasih buat Bang Faza Meonk (kreator komik Si Juki) yang sudah memberikan akses gratis untuk komik Si Juki yang ada di Google Play Books. Lo memang keren, Bang!

4. Menulis.

Diam di rumah setidaknya membuat gue sedikit lebih produktif dibanding hari-hari biasanya. Khususnya dalam hal menulis. Selama masa pandemi ini, gue berhasil menerbitkan dua tulisan. Kedua tulisan tersebut dibuat untuk menceritakan kembali hal apa saja yang gue lalui selama beberapa bulan ke belakang. Tulisan pertama bercerita tentang hal yang gue lalui selama menyusun skripsi. Lalu tulisan kedua bercerita tentang liburan akhir tahun yang gue lakukan bersama sahabat gue dari awal masuk kuliah.

Menulis membuat gue berpikir bagaimana agar tulisan yang gue buat bisa memberi informasi bermanfaat atau setidaknya memberi hiburan kepada pembaca. Khususnya yang lagi suntuk atau bosan karena terlalu lama berdiam di rumah. Selain menulis konten, di rumah, gue juga menulis catatan untuk pelajaran yang gue ikuti.

5. Nonton film atau series.

Nonton film atau series menjadi kegiatan yang paling gue sukai dan paling sering dikerjakan selama masa pandemi. Nggak bisa dipungkiri lagi, kalau nonton film memang menghibur banget. Apalagi kalau filmnya bagus dan disukai oleh banyak orang. Bahkan dari film saja bisa melahirkan sebuah diskusi di media sosial, yang seringkali berujung dengan bertambahnya teman atau informasi tentang film yang nggak kalah bagusnya.

Nonton Series Money Heist
Nonton Series.
Gambar: Professor dalam series Money Heist Season 4

Untuk itu gue punya beberapa rekomendasi film atau series yang menurut gue bagus. Yaitu: Knives Out, Itaewon Class, Tell Me What You Saw, Extreme Jobs, dan IP Man 4, Money Heist dan The World of Married Couple.

6. Mendengarkan Podcast.

Mendengarkan podcast sebenarnya enggak ada di dalam rencana. Bisa dibilang, kegiatan ini merupakan pengembangan dari rencana yang gue susun ketika terpaksa harus WFH. Ini semua karena salah satu platform penyedia podcast, sedang memberikan promo free access untuk semua konten podcast yang ada di platform mereka.

Karena lagi promo, gue pun memutuskan untuk mendengarkan beberapa konten yang menjadi incaran gue. Lagi-lagi topik financial menjadi konten pertama yang gue pilih ketika mengakses platform tersebut. Kemudian di susul oleh podcast dengan topik leadership, kreatif dan hukum.

Mendengarkan Podcast
Mendengarkan Podcast
Gambar: Konten Podcast dari Inspigo

Untuk itu gue ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada Inspigo karena sudah memberikan promo free access untuk semua konten yang ada di dalamnya. Berkat promo atau tawaran yang kalian berikan, gue jadi belajar hal baru dan yang paling, kegiatan gue selama di rumah jadi lebih seru. Hormat untuk kalian, orang-orang yang ada dibaliknya!

Nah, itu dia kegiatan yang gue lakukan untuk mengusir bosan selama di rumah. Meskipun semuanya dikerjakan dari rumah, tapi tetap harus produktif dan dalam keadaan happy dong, ya! Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat memberikan ide bagaimana agar nyaman berkegiatan di rumah selama masa pandemi!

Gimana dengan kalian? Ceritain dong apa aja yang kalian lakukan selama di rumah?

Reza Andrianhttp://rezaandrian.com
Bloger and Full Time Technical Writer.

Related Articles

6 KOMENTAR

  1. hampir mirip sih, nonton drama/film, ikutin ig live Ernest (LOL), masak menu baru, nonton yutub TNS hahaha

  2. Gue ngelakuin semua kecuali nomor 2 sih. Karena gue bukan gamer kali ya haha. Terus kalau nomor satu, gue lebih ke ikut kelas-kelas online yang ada sertifikatnya. Diutamakan yang gratis sih biar hemat selama WFH haha. Nah kalau soal buku, gue punya beberapa buku di Google Play Books, beberapa buku fisik juga masih ada, tapi gue fokus ngabisin buku fisik dulu sebelum lanjut ke ebook.

    • Sama! Gue juga nyari dan ikut kelas online yang gratis dan bersertifikat. Beberapa ada juga sih yang ngga ngeluarin sertifikat, tapi paling engga dapet ilmunya dari sana.
      Asik! Gue sebenarnya masih ada beberapa buku fisik yang belum dibaca, tapi karena lagi di kampung, jadi buku-buku tersebut belum sempat gue baca sebab bukunya ada di kost.

  3. Sejak corona ini job jadi sepi, tapi itu memicu saya jadi lebih produktif karena nganggur itu sangat bikin bosen. Akhirnya saya bikin kursus online dan ebook buat dijual. Ngeblog juga makin kenceng. Ini juga lagi bikin kursus online baru biar gak gabut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter the captcha *

Setelah mampir jangan lupa tinggalin komentar, ya!\o/ Semoga harimu menyenangkan \o/
*komentar baru akan muncul apabila sudah di Approve terlebih dahulu oleh admin.

Bloger and Full Time Technical Writer.
602FansSuka
646PengikutMengikuti
928PengikutMengikuti

MUST READ