Hal-hal yang Gak Boleh Dilakuin Saat Puasa

 

Holla sob! Kembali lagi bersama gue, si Reza anak Betawi asli. (lah itu Si Dul Za! Si Dul Anak Betawi Asli!). Iye-iye maaf, nyantai aja sob. Enjoy aja kayak di pantai.

Berhubung sekarang lagi bulan puasa, gue akan berbagi sedikit tips buat sobat sekalian. Baik yang lagi berpuasa, mau pun yang gak berpuasa. Pada kesempatan kali ini, izinkan gue berbagi sedikit tips yang manakala bermanfaat buat sobat-sobat sekalian. Itung-itung buat nambah pahala, ngoahahaha.

Check this out ya sob!

Merokok di depan umum.

Merokok di depan umum itu gak boleh sob. Gak baik. Selain bisa membatalkan puasa, lo bisa mengganggu ibadah orang-orang di sekitar. Gak cuman itu lho sob, merokok itu sangat berbahaya untuk kesehatan! Baik kesehatan lo sendiri maupun kesehatan orang-orang di sekitar! Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan kematian! Kematian mengintaimu sob! Misalnya lo perokok nih, dan lo jomblo. Udah banyak dosa, belum sempat tobat, tiba-tiba lo mati gara-gara rokok yang lo hisap setiap harinya? Hiih.. kalau gue sih gak mau!

Merokok Di Depan Umum
Asapnya mengganggu orang-orang disekitar

Maka dari itu sob, hentikan merokok mulai dari sekarang! Kalo lo mampu berhenti merokok selama bulan puasa ini, itu tandanya bagus sob! Kalo bisa di tingkatkan lagi! Berangsur-angsur lo akan berhenti total dari racun itu.

Jangan Mengumpat

mengumpat

Mengumpat orang tentunya tidak akan membatalkan puasa. Tapi percuma aja sob kalau lo puasa tapi mengumpat orang lain tetep jalan. Pahala yang seharusnya lo dapatkan jadi berkurang. Jadi untuk apa kalo lo capek-capek nahan lapar dan haus sementara itu pahala dari puasa itu berkurang gara-gara lo mengumpat orang lain?

Baca juga: Hal-hal Yang Sebaiknya Dilakukan Saat Puasa

 

Ngomong Kotor

Ngomong Kotor saat sedang puasa tentunya gak baik sob. Bukan cuman saat puasa aja sih, saat lagi gak berpuasa juga gak boleh untuk ngomong kotor. Please deh sob, bulan puasakan seharusnya menjadi ajang untuk berlomba-lomba mendapatkan pahala. Jangan jadikan ajang untuk berlomba-lomba mencari dosa. Jangan!

Daripada lo ngomong kotor, mending lo tidur aja saran gue. Tidurnya orang yang lagi berpuasa itu bisa mendapat pahala lo sob!

 

Tidur Seharian

Biasanya setiap lagi puasa itu bawaannya pasti capai. Capai menahan lapar dan haus. Males berkegiatan karena takut energi terkuras nantinya. Kalo udah begini, bawaannya jadi males untuk berkegiatan sehingga lebih banyak males-malesan di kasur/kamar.

tidur

Ini gak baik sob. Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk males berkegiatan. Tidur pas puasa memang baik karena bisa mendapatkan pahala. Tapi jangan memanfaatkan itu sebagai alasan buat tidur-tiduran. Apalagi tidurnya mulai dari selesai sholat Subuh, sampai adzan maghrib. Jangan! Itu perbuatan yang gak baik sob!

Baca juga: Tips Ngabuburit Seru!

 

Makan Berlebihan

Makan berlebihan itu gak baik sob! Jangan mentang-mentang lagi puasa, trus lo bisa makan sepuasnya setelah waktu berbuka telah tiba! Atau makan berlebihan waktu sahur dengan alasan, “Biar puasanya tahan seharian”, jangan sob, gue sarankan jangan melakukan hal itu! Setelah kekenyangan, lo akan menjadi malas sob! Contoh kasus:

“Sholat maghrib dulu Cup, baru makan!”

“Iya Ma, nanti aja.”

Trus si Ucup makan sepuasnya, sementara itu dia belum sholat.

“Cup, sholat dulu gih,” ibunya mengingatkan.

“Males Ma, Ucup kekenyangan. Ucup gak bisa bergerak.”

Nah, kalo sudah begini kan lo jadi males untuk ibadah. Maka dari itu, jangan makan yang berlebihan ya sob! Makan lah secukupnya. Bahkan lebih baik lagi kalo lo berhenti makan sebelum merasa kenyang.

Berkhayal yang Bukan-bukan

Wah, ini perbuatan yang gak baik sob! Jangan lakukan hal ini kalo lo lagi puasa! Bukan cuman waktu lagi berpuasa aja sih, waktu lagi gak berpuasa juga jangan berkhayal yang bukan-bukan. Selain berdosa, puasa lo juga bisa batal! Tapi kalo misalkan lo berkhayal jadi orang yang sukses ke depannya, trus setelah sukses lo berniat ingin membangun tempat ibadah, nah ini jelas boleh banget! Berkhayal yang bukan-bukan itu maksudnya berkhayal yang… ah sudahlah~

Maka dari itu, stop berkhayal yang bukan-bukan ya sob! Kalo lo berkhayal yang baik-baik kayak membangun rumah ibadah apabila sukses nanti, itu boleh banget. Tapi jangan cuman bisa berkhayal doang. Buktikan sob! Buktikan dengan kerja keras! Kalo sukses siapa yang seneng? Ya lo sendiri kan? :p

Nah… sekian tips dari gue. Kalo lo punya tips lain tentang “Hal-hal yang gak baik dilakuin saat puasa” bisa lo tambahkan di kolom komentar yang ada di bawah ini ya sob! :) Dengan senang hati, tips dari lo nanti akan gue update ke dalam post ini. Tentunya nama lo juga akan gue cantumin di dalam post ini. Huehehehe…

Selamat berpuasa sob! Semoga ibadah puasa kita semua lancar!



8 COMMENTS

  1. bener tuh tipsnya, kadang kita malah senang dengan obrolan seperti itu yang tentunya dapat membatalkan pahala puasa :)
    makasih untuk tipsnya :)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter the captcha *

Setelah mampir jangan lupa tinggalin komentar, ya!\o/ Semoga harimu menyenangkan \o/

*komentar baru akan muncul apabila sudah di Approve terlebih dahulu oleh admin.