Hal-hal Yang Sebaiknya Dilakukan Saat Puasa

 

Nah, kalo kemarin gue berbagi tips tentang Hal-hal Yang Gak Boleh Dilakuin Saat Puasa maka hari ini gue akan berbagi tips tentang Hal-hal Yang Sebaiknya Dilakukan Saat Puasa.

Tips ini cukup ampuh untuk sobat-sobat sekalian lakukan agar puasa ramadhannya selain barokah, kondisi tubuh sobat-sobat sekalian juga bisa tetep terjaga. Agar puasanya berjalan dengan lancar, berikut adalah tips-tips yang bisa sobat-sobat sekalian lakukan selama menjalankan puasa.

Berpuasa-1

Menjaga Ibadah

Nah, ini sangat perlu sobat lakukan selama berpuasa. Shalat merupakan tiang agama lho sob. Ibarat sebuah bangunan, jika tidak ada tiang atau pilarnya, maka rumah tersebut tidak akan mampu berdiri kokoh. Maka dari itu, selama berpuasa mau pun tidak berpuasa (setelah selesai puasa ramadhan), alangkah baiknya sobat-sobat sekalian menjaga ibadah.

ShinChan said

Diantara orang-orang yang berpuasa, masih ada yang menelantarkan shalatnya. Padahal dia tau, bahwa shalat merupakan tiang agama. Dan lagi, shalat di bulan ramadhan itu pahalanya gede lho sob! Alangkah baiknya kalau sobat-sobat sekalian rajin shalat selama bulan ramadhan ini. Supaya apa? Supaya sobat-sobat sekalian mendapat pahala yang gede. Yang diuntungkan siapa? Ya diri lo sendiri sob!

Baca Juga: Minta Maaf Saat Puasa

 

Tambah Pengetahuan Tentang Agama

Yang ini juga gak kalah pentingnya sob! Menambah pengetahuan tentang agama gak akan membuat lo rugi! Justru, dengan bertambahnya pengetahuan lo tentang agama, lo akan merasa sangat beruntung nantinya. Untung? Apanya yang untung? Ya… lu bakalan untung nantinya. Karena tidak ada ilmu yang percuma sob! Semua ilmu itu berguna. Ilmu yang lo anggep gak berguna seperti misalnya logaritma pada pelajaran Matematika, akan berguna untuk ke depannya. Ya mungkin buat lo gak begitu berguna karena lo gak dihadapkan pada pekerjaan yang berhubungan dengan logaritma, tapi di pekerjaan lain, ilmu itu akan berguna. Seperti misalnya pekerja di bidang IT.

Dalam bahasa pemrograman PHP, logaritma digunakan lho sob. Jadi, masih berani menganggap bahwa ilmu yang dipelajari itu tidak penting? Think again!

Baca juga: Hal-hal Yang Gak Boleh Dilakuin Saat Puasa

 

Olahraga

Puasa, bukan berarti lo gak bisa berolahraga. Olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Kalau mau punya tubuh yang sehat selama berpuasa, maka gue sarankan lo untuk mulai rajin berolahraga. Olahraganya juga gak perlu yang berat-berat sob. Karena pada intinya kan untuk menjaga kebugaran tubuh. Bukan untuk menambah massa otot. Ya boleh aja kalau mau olahraga berat, tapi resiko di tanggung sendiri ya :p

Olahraga ringan yang bisa lo lakukan selama berpuasa ada banyak kok sob. Seperti misalnya lari-lari kecil dan bersepeda. Hindari olahraga di siang hari kalau gak mau energi terkuras begitu banyak. Saran gue sih… olahraganya sehabis shalat subuh aja sob. Atau pas sore hari.

Bersepeda
Bersepeda

Perbanyak Mengkonsumsi Makanan Berserat

Nah, yang ini gak kalah pentingnya juga sob. Dengan memperbanyak konsumsi makanan berserat, tubuh lo akan tetep fit. Perbanyak konsumsi makanan berserat bukan berarti gue menyuruh lo untuk gak berpuasa. Bukan. Bukan itu maksud gue. Maksudnya, pas sahur, lo harus perbanyak konsumsi makanan kaya serat. Serat dapat mengikat air sehingga membuat lo merasa kenyang lebih lama ketimbang mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Serat cenderung lambat diproses oleh tubuh, sehingga lo gak mudah untuk merasa lapar.

Minum Air Yang Cukup

Tubuh kita itu sebagian besarnya terdiri dari air sob. Wuidih, keren banget ya tubuh kita ini. Tubuh setidaknya membutuhkan 2 liter air/hari lho sob. Lo sering kan lihat iklan-iklan di televisi, bahwa manusia perlu konsumsi air sebanyak 2 liter atau sama dengan 8 gelas perharinya? Kalo di iklannya sih, kita itu wajib 2-4-2. Ini gak bercanda sob. Gue lagi serius. Jadi, apasih 2-4-2 itu? Udah kayak formasi sepak bola aja!

Baca Juga: Tips Ngabuburit Seru

Tenang sob, ini bukan formasi sepak bola kok. Tapi ini adalah formasi atau strategi minum air yang baik dan benar selama berpuasa. Dua (2) gelas saat sahur, empat (4) gelas saat berbuka, dan dua (2) gelas saat sebelum tidur. Jadinya 2-4-2. Keren kan? Yaiyalah sob, keren!

Boleh lebih dari itu gak? Tentunya boleh sob! Lo boleh bikin formasi sendiri. Sesuaikan dengan kebutuhan aja sob kalau saran gue. Sesuatu yang berlebihan itu gak baik. Begitu juga dengan minum air sob. Minum air jangan berlebihan kalo lo gak mau bolak-balik ke toilet karena pengen buang air kecil atau gak mau bikin perut kembung.

Nah, sekian tips dari gue tentang Hal-hal yang sebaiknya dilakukan saat puasa. Kalau lo melakukan semua tips yang sudah gue sebutkan di atas, Insya Allah, puasa lo akan berjalan dengan lancar. Dan semoga puasa kita semua tetap lancar hingga bulan ramadhan usai.



8 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Setelah mampir jangan lupa tinggalin komentar, ya!\o/ Semoga harimu menyenangkan \o/

*komentar baru akan muncul apabila sudah di Approve terlebih dahulu oleh admin.