Liburan memang selalu menjadi topik paling menarik untuk diperbincangkan. Mulai dari ngomongin harga tiket, tempat-tempat wisata dan, kuliner khas daerah. Tapi, ada satu hal penting yang seringkali kita anggap remeh bahkan terlupakan, yaitu transportasi selama berada di kota yang sedang kita kunjungi.

Nah, kalau ngomongin transportasi, kita semua tau kalau transportasi itu terbagi menjadi dua jenis. Seperti angkutan umum dan angkutan mandiri yang sifatnya pribadi. Dari dua jenis angkutan ini, kita semua tau bahwa keduanya sama-sama bagus. Sama-sama punya kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Dan karena ini lagi ngomongin liburan, maka gue lebih suka sama yang namanya angkutan pribadi. Liburan naik angkutan pribadi tuh menyenangkan. Apapun jenisnya, baik itu kendaraan pribadi maupun pakai jasa rental mobil. Sebab penumpang enggak perlu lagi mikirin urusan-urusan yang kurang penting. Seperti waktu —kalau naik angkot biasanya suka ngetem (menunggu bangku terisi) dan itu ngebetein banget— dan sebagainya.

Selain hemat waktu, angkutan pribadi itu enak karena penumpang enggak dibikin capek sebab sudah ada pak sopir yang selalu siap mengantar kamu sampai ke tujuan. Waktunya juga lebih fleksibel lagi karena bisa disesuaikan dengan kebutuhan penumpang. Mau jalan-jalan ke tempat paling kece di kota? Tinggal berangkat. Pokoknya udah terima beres aja gitu. Karenanya liburan jadi lebih asyik dan menyenangkan!

Salah satu kota dengan banyak tempat wisatanya adalah Semarang. Ibukota Jawa Tengah ini layak dijadikan sebagai tempat untuk liburan bersama keluarga, teman kantor dan sahabat. Selain menawarkan pariwisata alam dan sejarah, kota ini juga memiliki tempat-tempat yang wajib untuk dikunjungi.

Sambil mengatur rencana liburan, jangan lupa untuk memikirkan transportasinya. Dan untuk urusan transportasi, kamu bisa memakai jasa rental mobil selama berlibur di Semarang. Nah, berikut ini adalah rekomendasi tempat-tempat wisata dalam kota yang wajib untuk dikunjungi selama berada di Semarang:

Kota Lama

Kota Lama Semarang
Kota Lama Semarang. Bagus, ya!
sumber gambar: photo.sindonews.com

Ternyata enggak cuma Jakarta lho yang punya Kota Lama, Semarang juga punya! Kawasan Kota Lama ini punya daya tarik yang cukup tinggi berkat gedung-gedung dengan desain zaman dahulu yang berdiri kokoh menghiasi setiap sudutnya.

Adapun beberapa tempat wisata yang harus dikunjungi saat lagi di Kota Lama Semarang adalah Gereja Blenduk yang punya kubah unik, Taman Srigunting, dan kafe-kafe dengan tema klasik membuat foto liburan jadi makin menarik.

Kampung Batik

Kampung Batik Semarang
Cakep, ya!
sumber: photo.sindonews.com

Tempat berikutnya adalah Kampung Batik Semarang. Letaknya enggak jauh kok dari Kota Lama. Kampung Batik ini menjadi kawasan wisata yang ramah dan bersahabat dan karena posisinya persis berada di dalam gang.

Cara untuk bisa sampai ke Kampung Batik ini cukup mudah, yaitu dengan mengarahkan GPS atau pak supir menuju Hotel Horison. Enggak perlu pusing karena jalan masuknya sudah ditandain dengan gapura bertuliskan Kampung Batik.

Di tempat ini, kamu bisa mendapatkan Batik Semarang yang bagus untuk dijadikan oleh-oleh buat keluarga di rumah atau mungkin… buat pacar? Hehe.

Perlu diketahui bahwa Batik Semarang ini punya ciri khas tersendiri. Mulai dari pola hingga pilihan warnanya yang dominan terang. Oleh karena itu, tempat ini menjadi surga bagi penyuka batik. Dan buat pecinta batik, wajib banget untuk menambahkan Batik Semarang ini ke dalam daftar koleksi di rumah.

Baca juga : Melepas Penat di Kota Jogja

Masjid Agung

Masjid Agung Semarang
sumber gambar: saliha.id

Jelang siang hari, jangan lupa untuk beribadah di Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid dengan desain modern ini punya payung-payung elektrik yang bisa mengembang secara otomatis agar para jamaah masjid terlindung dari paparan sinar matahari langsung yang berdampak buruk bagi kesehatan kulit.

Enggak cuma sebagai tempat berdoa dan ibadah, Masjid Agung Semarang ini punya daya tarik wisata juga, lho. Mulai dari 25 pilar yang menggambarkan jumlah nabi dan rasul, gerbang dengan pahatan tulisan ‘Sucining Guno Gapuraning Gusti,’ yang memiliki arti, kemauan dan upaya yang tulus membawa ke arah ridha Allah, serta menara Asmaul Husna yang tingginya mencapai 99 meter dan bisa dinaiki oleh pengunjung untuk melihat Semarang dari ketinggian.

Lawang Sewu

Lawang Sewu yang terkenal
Siapa sih yang enggak tau Lawang Sewu?
sumber gambar: flickr.com/thisisinbalitimur

Sore mulai tiba. Arahkan pak sopir dari jasa rental mobil untuk mengantarmu ke wisata legendaris Kota Semarang, Lawang Sewu. Sebuah gedung peninggalan penjajahan Belanda dengan ratusan pintu dan jendela. Bersiaplah untuk merasakan petualangan yang seru dan kadang bikin bulu roma meremang. Hihihihihihi.

Berburu Lumpia

Berburu Lumpia yuk!
Berburu Lumpia di Semarang, yuk!
sumber gambar: ulinulin.com

Ke Semarang belum lengkap kalau belum mencicipi lumpia khas Semarang. Lumpia yang enak ini letaknya ada di Gang Lombok di sekitar Kauman, yang merupakan sentra lumpia yang terkenal di kota tersebut. Oya, nama dari kedainya adalah Lumpia Siem Swie Kiem.

Setelah seharian keliling Kota Semarang, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih sama pak supir karena berkat jasanya liburan jadi terasa menyenangkan karena dihindarkan dari drama-drama yang kerap menimpa saat lagi berlibur seperti dikejar waktu dan kelelahan sehabis keliling.

Oya, jadi sekarang enggak perlu repot-repot lagi nyari jasa rental mobil untuk membawamu keliling kota karena kini kamu bisa menyewa jasa rental mobil lewat Traveloka, loh! Sudah tersedia menu khusus untuk menemukan 100 jasa rental mobil di 11 kota besar di Indonesia.

Mau naik Alphard? Bisa! Perlu mobil dengan kapasitas penumpang yang cukup banyak? Juga bisa! Tinggal pilih mobil mana yang sesuai dengan kebutuhanmu dan dapatkan harga yang terbaik.

Kalau udah ketemu dan harganya cocok, kamu tinggal mengisi formulir yang sudah disediakan dengan batas waktu maksimal 12 jam sebelum penjemputan.

Setelah mengisi formulir, lalu bayar sesuai jumlah tagihan dengan metode yang kamu pilih dan dapatkan voucher pemesanan via email beserta nomor kontak sopir dari rental mobil rekanan.

Yuk, bikin rencana liburanmu jadi lebih menyenangkan dengan jasa rental mobil dari Traveloka!

1 KOMENTAR

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter the captcha *

Setelah mampir jangan lupa tinggalin komentar, ya!\o/ Semoga harimu menyenangkan \o/

*komentar baru akan muncul apabila sudah di Approve terlebih dahulu oleh admin.